Definisi social media networking
Pengertian media sosial atau dalam bahasa inggris “Social Media” menurut
tata bahasa, terdiri dari kata “Social” yang memiliki arti
kemasyarakatan atau sebuah interaksi dan “Media” adalah sebuah wadah
atau tempat sosial itu sendiri. Media sosial adalah sebuah media online,
dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan
menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia
virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial
yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.
(wibawaadiputra.wordpress.com)
Sosial media itu sendiri adalah menangkap semua istilah untuk situs yang dapat memberikan aksi-aksi sosial yang berbeda secara radikal. Misalnya, Twitter adalah situs sosial yang dirancang untuk membiarkan orang berbagi pesan singkat atau “update” dengan orang lain. Facebook, sebaliknya adalah sebuah situs jejaring sosial full-blown yang memungkinkan untuk update berbagi, foto, peristiwa bergabung dan berbagai kegiatan lainnya. (searchengineland.com)
Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai “sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun pada pondasi ideologi dan teknologi , dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content . (en.wikipedia.org)
Sosial media adalah cara untuk mengirimkan, atau berbagi informasi dengan khalayak luas. Setiap orang memiliki kesempatan untuk membuat dan mendistribusikan. Yang Anda perlukan adalah koneksi internet dan jaringan sosial adalah suatu tindakan keterlibatan. Kelompok orang dengan kepentingan umum, atau seperti pikiran, mengasosiasikan bersama-sama di situs jejaring sosial dan membangun hubungan melalui komunitas. (socialmediatoday.com)
Adapun dampak positif dan negatif dari sosial media networking :
• Dampak positif
1. Media bersifat gratis jadi mudah digunakan oleh siapa saja.
2. Memudahkan kita membentuk jaringan social, mulai dari teman lama, teman saat ini sampai teman baru.
3. Memudahkan untuk berkomunikasi satu teman dengan teman yang lainnya baik secara realtime maupun offline.
4. Bagi seseorang pemula dan remaja, media ini sangat membantu dan mendidik terutama dalam mengenal dunia internet.
5. Bisa dimanfaatkan untuk media promosi atau iklan dan pemberitahuan secara update.
6. Dan manfaat hiburan lainnya seperti komunitas, kuis, game.dll yang bisa menambah pengetahuan kita tentang teknologi maupun hal umum.
• Dampak negatif
1. Menimbulkan ketergantungan.
2. Menciptakan dunia maya yang terkadang lebih mendominasi dari pada dunia nyata. Dengan jejaring social, seeorang cenderung melupakan dunia nyata dan tenggelam didalam dunia maya.
3. Cyber crim (kejahatan dunia maya) diantaranya, carding, hacking, cracking, phising dan spamming.
4. Banyaknya oarng-orang aneh yang selalu menghujat disosial media.sering sekali akun anonym yang menjelekan sesuatu, ada yang menjelekan agama,suatu ras dsb.
5. Mudahnyanya konten-konten porno masuk disosial media,ini sangat berbahaya jika konten tersebut diterima oleh orang yang belum cukup umurnya.
macam-macam Social Media Networking.
Umumnyasitusberfungsisebagaijalinanpertemanandalamduniamaya.Namunbanyakhallagi yang dapatkitalakukandisini (situsjejaringsosial).
Macam-macamsitusjejaringsosialyaitu :
1. MySpace
MySpace adalahsitusjaringansosialpopuler yang menawarkanjaringanantarteman, profilpribadi, blog, grup, foto, musikdan video untukremajadandewasa di seluruhdunia.Markassitusiniterletak di Beverly Hills, California, AmerikaSerikat. Tetapipadatahun 2005, News Corp membeli MySpace denganharga 580 juta dollar AS dan MySpace resmiberpindahtanganmenjadimilik News Corporation.
www.myspace.com
2. Friendster
Friendster, yang ide penamaannyaberasaldarinama Napster, adalahsebuahsitus web jaringansosial di manaseorangpenggunaakanmembuatidentitasmayadankemudianmengisi data dirinyauntukkemudianmendapatkan account di Friendster. Dalam Friendster, kitajugadapatmelihattemandaritemankitadantemandaritemandaritemankita, selainmelihattemankitasendiri.
Friendster dimulaisejaktahun 2002 oleh Jonathan Abrams dansekarangsudahmelewatimasa beta test. Sejakawal 2005, Friendster jugatelahmemulaifitur blog.Bahasanyajugasudah multi-language.Dan kinisudahadaversiuntuk mobile-nya.http://www.friendster.com/
3. Hi5
Hi5 adalahsalahsatusitusjejaringsosial.Situsinipadatahun 2008 termasuksalahsatudari 20 situsjejaringsosial yang paling seringdikunjungiolehpengguna internet di seluruhdunia (sebagianbesar orang yang mengunjungi Hi5 terinstall toolbar Alexadalam browser mereka. Pendiri Hi5 sendiriyakniRamuYalamanchipadatahun 2003 yang jugamenjabatsebagai CEO.PadabulanJanuari 2009, Hi5 mengklaimdirinyamemilikilebihdari 60 jutaanggotaatau member aktif.
www.hi5.com
4. Facebook
Facebook adalahsitus web jaringansosial yang diluncurkanpada 4 Februari 2004 dandidirikanoleh Mark Zuckerberg, seoranglulusan Harvard danmantanmurid Ardsley High School. Keanggotaannyapadaawalnyadibatasiuntuksiswadari Harvard College.Dalamduabulanselanjutnya, keanggotaannyadiperluaskesekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dansemuasekolah yang termasukdalam Ivy League. Banyakperguruantinggilain yang selanjutnyaditambahkanberturut-turutdalamkurunwaktusatutahunsetelahpeluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memilikialamatsurat-e suatuuniversitas (seperti .edu, .ac.uk, dll) dariseluruhduniadapatjugabergabungdengansitusini.
Selanjutnyadikembangkan pula jaringanuntuksekolah-sekolahtingkatatasdanbeberapaperusahaanbesar.Sejak 11 September 2006, orang dengandenganalamatsurat-e apa pun dapatmendaftar di Facebook. Penggunadapatmemilihuntukbergabungdengansatuataulebihjaringan yang tersedia, sepertiberdasarkansekolahtingkatatas, tempatkerja, atauwilayahgeografis.
HinggaJuli 2007, situsinimemilikijumlahpenggunaterdaftar paling besar di antarasitus-situs yang berfokuspadasekolahdenganlebihdari 34 jutaanggotaaktif yang dimilikinyadariseluruhdunia. Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnyanaikdariposisi ke-60 keposisi ke-7 situs paling banyakdikunjungi, danmerupakansitusnomorsatuuntukfoto di AmerikaSerika, mengunggulisituspublik lain seperti Flickr, dengan 8,5jutafotodimuatsetiapharinya.
www.facebook.com
4. Twitter
Twitter adalahsuatusitus web layananjaringansosialdanmikroblog yang memberikanfasilitasbagipenggunauntukmengirimkan “pembaharuan” berupatulisanteksdenganpanjangmaksimum 140 karaktermelalui SMS, pengirimpesaninstan, suratelektronik, atauaplikasisepertiTwitterrificdanTwitbin. Twitter didirikanpadaMaret 2006 olehperusahaanrintisan Obvious Corp.
Kesuksesan Twitter membuatbanyaksituslainmenirukonsepnya, kadangmenawarkanlayananspesifiklokalsuatunegaraataumenggabungkandenganlayananlainnya. Suatusumberbahkanmenyebutkanbahwa paling tidakada 111 situs web yang memilikilayananmiripdengan Twitter.
Peran Social Media Networking for Gov 2.0 di Indonesia, yuuk disimak
Penggunaan ICT dalam pemerintahan memberikan dampak yang menggembirakan dalam proses demokratisasi dan pelayanan masyarakat. E-gov mempermudah pola hubungan antara administrasi, politik formal dan civil society lebih efektif (Gronlund: 2002). Ketika semua simpul saling berinteraksi, berdiskusi dalam ruang publik maya (virtual public sphare) dan berkolaborasi dalam membuat keputusan maka muncullah apa yang disebut Electronic Democracy (e-democracy). Salah satu perangkat dalam menciptakan e-democracy pada masa kini adalah kehadiran media jaringan social (social media networking) yang sangat massif melibatkan banyak pihak seperti Facebook, Twitter, Youtube, Flickr, Wikipedia, weblog, dan beberapa nama lainnya
Media jejaring sosial di atas merupakan perkembangan dari teknologi web 1.0 menjadi web 2.0. Web 1.0 merupakan generasi pertama dari website yang bercirikan consult, surf dan search. Website generasi pertama hanya berfungsi sekedar mencari atau browsing untuk mendapatkan informasi tertentu. Ciri lainnya adalah terletak pada penampilan web statis, kaku dan satu arah. Sedangkan web 2.0 mempunyai ciri penting yaitu share, collaborate dan exploit. Berbagi, kolaborasi dan mengekploitasi interaksi antar pengguna menjadi keunggulan web 2.0 yang bisa ditemukan di berbagai aplikasi internet seperti yang disebutkan di atas.
Teknologi Web 2.0 sudah memudahkan pemerintah di seluruh dunia termasuk Indonesia untuk mengembangkan e-gov menjadi lebih mudah dan murah. Memudahkan pemerintah untuk lebih dekat dengan masyarakatnya. Kebijakan publik dengan cara melibatkan masyarakat banyak dalam proses pembuatan keputusan dapat dilakukan melalui media situs jejaring sosial, dimana salah satunya adalah dengan memanfaatkan facebook dan twitter.
sumber: http://besar.blog.fisip-untirta.ac.id/2013/06/14/definisi-social-media-networking/
Sosial media itu sendiri adalah menangkap semua istilah untuk situs yang dapat memberikan aksi-aksi sosial yang berbeda secara radikal. Misalnya, Twitter adalah situs sosial yang dirancang untuk membiarkan orang berbagi pesan singkat atau “update” dengan orang lain. Facebook, sebaliknya adalah sebuah situs jejaring sosial full-blown yang memungkinkan untuk update berbagi, foto, peristiwa bergabung dan berbagai kegiatan lainnya. (searchengineland.com)
Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai “sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun pada pondasi ideologi dan teknologi , dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content . (en.wikipedia.org)
Sosial media adalah cara untuk mengirimkan, atau berbagi informasi dengan khalayak luas. Setiap orang memiliki kesempatan untuk membuat dan mendistribusikan. Yang Anda perlukan adalah koneksi internet dan jaringan sosial adalah suatu tindakan keterlibatan. Kelompok orang dengan kepentingan umum, atau seperti pikiran, mengasosiasikan bersama-sama di situs jejaring sosial dan membangun hubungan melalui komunitas. (socialmediatoday.com)
Adapun dampak positif dan negatif dari sosial media networking :
• Dampak positif
1. Media bersifat gratis jadi mudah digunakan oleh siapa saja.
2. Memudahkan kita membentuk jaringan social, mulai dari teman lama, teman saat ini sampai teman baru.
3. Memudahkan untuk berkomunikasi satu teman dengan teman yang lainnya baik secara realtime maupun offline.
4. Bagi seseorang pemula dan remaja, media ini sangat membantu dan mendidik terutama dalam mengenal dunia internet.
5. Bisa dimanfaatkan untuk media promosi atau iklan dan pemberitahuan secara update.
6. Dan manfaat hiburan lainnya seperti komunitas, kuis, game.dll yang bisa menambah pengetahuan kita tentang teknologi maupun hal umum.
• Dampak negatif
1. Menimbulkan ketergantungan.
2. Menciptakan dunia maya yang terkadang lebih mendominasi dari pada dunia nyata. Dengan jejaring social, seeorang cenderung melupakan dunia nyata dan tenggelam didalam dunia maya.
3. Cyber crim (kejahatan dunia maya) diantaranya, carding, hacking, cracking, phising dan spamming.
4. Banyaknya oarng-orang aneh yang selalu menghujat disosial media.sering sekali akun anonym yang menjelekan sesuatu, ada yang menjelekan agama,suatu ras dsb.
5. Mudahnyanya konten-konten porno masuk disosial media,ini sangat berbahaya jika konten tersebut diterima oleh orang yang belum cukup umurnya.
macam-macam Social Media Networking.
Umumnyasitusberfungsisebagaijalinanpertemanandalamduniamaya.Namunbanyakhallagi yang dapatkitalakukandisini (situsjejaringsosial).
Macam-macamsitusjejaringsosialyaitu :
1. MySpace
MySpace adalahsitusjaringansosialpopuler yang menawarkanjaringanantarteman, profilpribadi, blog, grup, foto, musikdan video untukremajadandewasa di seluruhdunia.Markassitusiniterletak di Beverly Hills, California, AmerikaSerikat. Tetapipadatahun 2005, News Corp membeli MySpace denganharga 580 juta dollar AS dan MySpace resmiberpindahtanganmenjadimilik News Corporation.
www.myspace.com
2. Friendster
Friendster, yang ide penamaannyaberasaldarinama Napster, adalahsebuahsitus web jaringansosial di manaseorangpenggunaakanmembuatidentitasmayadankemudianmengisi data dirinyauntukkemudianmendapatkan account di Friendster. Dalam Friendster, kitajugadapatmelihattemandaritemankitadantemandaritemandaritemankita, selainmelihattemankitasendiri.
Friendster dimulaisejaktahun 2002 oleh Jonathan Abrams dansekarangsudahmelewatimasa beta test. Sejakawal 2005, Friendster jugatelahmemulaifitur blog.Bahasanyajugasudah multi-language.Dan kinisudahadaversiuntuk mobile-nya.http://www.friendster.com/
3. Hi5
Hi5 adalahsalahsatusitusjejaringsosial.Situsinipadatahun 2008 termasuksalahsatudari 20 situsjejaringsosial yang paling seringdikunjungiolehpengguna internet di seluruhdunia (sebagianbesar orang yang mengunjungi Hi5 terinstall toolbar Alexadalam browser mereka. Pendiri Hi5 sendiriyakniRamuYalamanchipadatahun 2003 yang jugamenjabatsebagai CEO.PadabulanJanuari 2009, Hi5 mengklaimdirinyamemilikilebihdari 60 jutaanggotaatau member aktif.
www.hi5.com
4. Facebook
Facebook adalahsitus web jaringansosial yang diluncurkanpada 4 Februari 2004 dandidirikanoleh Mark Zuckerberg, seoranglulusan Harvard danmantanmurid Ardsley High School. Keanggotaannyapadaawalnyadibatasiuntuksiswadari Harvard College.Dalamduabulanselanjutnya, keanggotaannyadiperluaskesekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dansemuasekolah yang termasukdalam Ivy League. Banyakperguruantinggilain yang selanjutnyaditambahkanberturut-turutdalamkurunwaktusatutahunsetelahpeluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memilikialamatsurat-e suatuuniversitas (seperti .edu, .ac.uk, dll) dariseluruhduniadapatjugabergabungdengansitusini.
Selanjutnyadikembangkan pula jaringanuntuksekolah-sekolahtingkatatasdanbeberapaperusahaanbesar.Sejak 11 September 2006, orang dengandenganalamatsurat-e apa pun dapatmendaftar di Facebook. Penggunadapatmemilihuntukbergabungdengansatuataulebihjaringan yang tersedia, sepertiberdasarkansekolahtingkatatas, tempatkerja, atauwilayahgeografis.
HinggaJuli 2007, situsinimemilikijumlahpenggunaterdaftar paling besar di antarasitus-situs yang berfokuspadasekolahdenganlebihdari 34 jutaanggotaaktif yang dimilikinyadariseluruhdunia. Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnyanaikdariposisi ke-60 keposisi ke-7 situs paling banyakdikunjungi, danmerupakansitusnomorsatuuntukfoto di AmerikaSerika, mengunggulisituspublik lain seperti Flickr, dengan 8,5jutafotodimuatsetiapharinya.
www.facebook.com
4. Twitter
Twitter adalahsuatusitus web layananjaringansosialdanmikroblog yang memberikanfasilitasbagipenggunauntukmengirimkan “pembaharuan” berupatulisanteksdenganpanjangmaksimum 140 karaktermelalui SMS, pengirimpesaninstan, suratelektronik, atauaplikasisepertiTwitterrificdanTwitbin. Twitter didirikanpadaMaret 2006 olehperusahaanrintisan Obvious Corp.
Kesuksesan Twitter membuatbanyaksituslainmenirukonsepnya, kadangmenawarkanlayananspesifiklokalsuatunegaraataumenggabungkandenganlayananlainnya. Suatusumberbahkanmenyebutkanbahwa paling tidakada 111 situs web yang memilikilayananmiripdengan Twitter.
Peran Social Media Networking for Gov 2.0 di Indonesia, yuuk disimak
Penggunaan ICT dalam pemerintahan memberikan dampak yang menggembirakan dalam proses demokratisasi dan pelayanan masyarakat. E-gov mempermudah pola hubungan antara administrasi, politik formal dan civil society lebih efektif (Gronlund: 2002). Ketika semua simpul saling berinteraksi, berdiskusi dalam ruang publik maya (virtual public sphare) dan berkolaborasi dalam membuat keputusan maka muncullah apa yang disebut Electronic Democracy (e-democracy). Salah satu perangkat dalam menciptakan e-democracy pada masa kini adalah kehadiran media jaringan social (social media networking) yang sangat massif melibatkan banyak pihak seperti Facebook, Twitter, Youtube, Flickr, Wikipedia, weblog, dan beberapa nama lainnya
Media jejaring sosial di atas merupakan perkembangan dari teknologi web 1.0 menjadi web 2.0. Web 1.0 merupakan generasi pertama dari website yang bercirikan consult, surf dan search. Website generasi pertama hanya berfungsi sekedar mencari atau browsing untuk mendapatkan informasi tertentu. Ciri lainnya adalah terletak pada penampilan web statis, kaku dan satu arah. Sedangkan web 2.0 mempunyai ciri penting yaitu share, collaborate dan exploit. Berbagi, kolaborasi dan mengekploitasi interaksi antar pengguna menjadi keunggulan web 2.0 yang bisa ditemukan di berbagai aplikasi internet seperti yang disebutkan di atas.
Teknologi Web 2.0 sudah memudahkan pemerintah di seluruh dunia termasuk Indonesia untuk mengembangkan e-gov menjadi lebih mudah dan murah. Memudahkan pemerintah untuk lebih dekat dengan masyarakatnya. Kebijakan publik dengan cara melibatkan masyarakat banyak dalam proses pembuatan keputusan dapat dilakukan melalui media situs jejaring sosial, dimana salah satunya adalah dengan memanfaatkan facebook dan twitter.
sumber: http://besar.blog.fisip-untirta.ac.id/2013/06/14/definisi-social-media-networking/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar